Laman

Jumat, 16 April 2010

Beternak perkutut

Bekasi, 17 April 2010

Perkutut adalah binatang peliharaan yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia terutama para Raja dan kaum bangsawan di Jawa.

Sampai saat ini hampir seluruh masyarakat Jawa hobi memelihara perkutut. bahkan ada juga yang menangkarkan / beternak perkutut.

Bila dihitung secara nilai ekonomis, beternak perkutut bisa mendatangkan penghasilan yang cukup lumayan bagi peternaknya.


Hitungan nya begini :

Belanja modal untuk sepasang perkutut adalah sebesar kurang lebih Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) (perkutut dibeli di pasar burung)

Belanja pakan perkutut untuk sepasang ini adalah Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah)
untuk satu bulan, dalam satu tahun berarti dibutuhkan biaya Rp. 120.000 (seratus ribu rupiah).

Indukan perkutut biasanya akan betelur 2 bulan sekali dengan jumlah 2 butir telur sehingga dalam setahun bisa menghasilkan 12 butir telur. jika 12 butir telur itu yang menetas 10 ekor dengan harga jual perekornya Rp. 100.000 ( seratus ribu rupiah )maka akan didapat uang dalam satu tahun sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah).

Maka pendapatan bersih yang di dapat adalah Rp. 1.000.000 dikurangi biaya pembelian indukan Rp. 200.000 dan dikurangi biaya pakan Rp. 120.000 maka pendapatan adalah Rp. 680.000 ( enam ratus delapan puluh ribu).

Ini untuk satu pasang indukan. kalau kita punya 10 pasang indukan maka kita akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp. 6.800.000 (enam juta delapan ratus ribu rupiah).

Suatu hasil yang cukup besar bagi sebagian masyarakat kita.

Terima kasih

Andy

8 komentar:

  1. perkutut yang didaerah mana tuh mas...!!!tapikan sekarang kalau melihara burung itu takutnya terkena flu burung.contohnya tetangga aq ja ada yang memelihara burung tapi kata kedua orangtua aq awasi anak mu jangan sampai main burung diatas sana karna akan menyebabkan flu burung karna bisa mewabah kemana2....!!!

    BalasHapus
  2. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada saudari arthisimut untuk komentar dan pertanyaannya.

    Daerah yang banyak menangkarkan perkutut adalah Pulau Jawa, Sumatra utara, Sumatra selatan,Lampung, Palembang, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Madura.

    Untuk Flu Burung, unggas yang dilarang dipelihara di wilayah pemukiman / perumahan adalah unggas ayam,bebek,burung merpati(burung dara), burung puyuh.

    Untuk burung perkutut belum ada larangan untuk dipelihara di rumah cuma disarankan agar bisa diimunisasi oleh dinas peternakan setempat.

    Untuk kebersihan kandang disarankan untuk membersihkan kandang dengan cairan desinfektan setiap harinya.

    Wassalam

    Andy

    BalasHapus
  3. memang begitu...

    Terima kasih atas waktu nya untuk mengunjungi blog saya

    Wassalam

    Andy

    BalasHapus
  4. wah kalo ternak perkutut bisa mendatangkan uang dan bikin kaya, boleh juga tuch... pak andy punya perkutut berapa banyak... boleh tuch bagi2 perkututnya..


    thx

    BalasHapus
  5. Bung Ugie imoet,

    Ternak perkutut menghasilkan anak perkutut, anak perkutut nya di jual. jadi uang.lumayan buat uang kuliah..

    kalau mau perkutut datang aja ke tempat saya bung..

    wassalam

    Andy

    BalasHapus
  6. he he he...

    terima kasih banyak bung Chris

    wassalam

    Andy

    BalasHapus